Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep kimia yang bersifat abstrak dan kurang mampunya siswa menyatakan ulang kembali konsep materi kimia yang telah dipelajari kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep kimia yang bersifat abstrak kelas X IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran perolehan konsep (concept attainment) dengan berbantuan media video pembelajaran pada pokok bahasan struktur atom dan tabel periodik unsur. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pre-test dan post-test, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji varians, yang mana kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan metode diskusi dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan mengunakan model pembelajaran perolehan konsep (concept attainment) dengan berbantuan media video. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi kegiatan siswa selama proses belajar mengajar. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”, dimana hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,92 pada taraf signifikan 5 % diperoleh ttabel = 2,00 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan pengaruh penerapan model pembelajaran perolehan konsep (concept attainment) dengan berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan tabel periodik unsur sebesar 12,47 %.Kata Kunci: Model Pembelajaran Perolehan Konsep, Media Video Pembelajaran, Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur