PENERAPAN STRATEGI PEMBERITAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 20 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada proses pembelajaran berlangsung siswa tidak memperhatikan keterangan guru dan tidak mau bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pemberitaan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini penulis menggunakan rumus persentase, yaitu: P =