UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI MAWARIS KELAS XII DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi mawaris, didalam mengikuti proses pembelajaran, tidak semua materi pembelajaran terserap oleh peserta didik. Ada materi-materi tertentu yang membuat peserta didik mengalami kendala atau kesulitan dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebab kesulitan dan upaya-upaya yang maksimal untuk mengatasi kesulitan tersebut. Dengan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji masalah ini lebih mendalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada materi mawaris dan bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi mawaris di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru? Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada materi mawaris dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi mawaris kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalahsiswa/i kelas XII yang berjumlah 15 orang siswa, penulis tidak mengambil sampel, semua populasi diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angketdan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Dekriptif Kuantitatif dengan Persentase, dengan rumus sebagai berikut: P = F X 100% N Dari penyajian dan analisis data penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara ditemukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah faktor keadaan siswa (internal dan eksternal), perlengkapan belajar disekolah dan lingkungan sekolah Sedangkan untuk upaya yang dilakukan oleh guru PAI di peroleh dari angket ditemukan bahwa upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi mawaris kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru berada pada kategori “CUKUP BAIK”.