Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel bebas/independen yaitu Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Ekonomi. Dan variabel terikat/dependen yaitu Motivasi Belajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh antara Penggaruh Komunikasi Interpersonal Guru Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran Ekonomi kelas X jurusan Ilmuilmu sosial materi Koperasi di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Ilmu- ilmu Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Populasi pada penelitian ini adalah dan siswa kelas X Jurusan Ilmu-ilmu Sosial yang berjumlah 160 orang, sedangkan untuk sampelnya adalah 1 guru Ekonomi dan 114 orang siswa, penulis mengambil sampel dengan teknik random smpling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan dari peneliti. Pengambilan data dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga teknik yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya di analisis menggunakan program SPSS (Statistica Program Society Science) Versi 23.0 dengan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan dimasukkan kedalam rumus Product Moment. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Dengan tingkat kontribusi sebesar 44% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun besarnya ro (observasi) = 0,667, apabila dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf 5% maupun 1% maka 0,195<0,667>0,254. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal Guru Ekonomi, Motivasi Belajar Siswa