KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DAN TALKING STICK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAPUNG HILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas ekseperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya nilai kimia siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tapung Hilir . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa pada kelas yang diberi perlakuan model make a match dengan kelas yang diberi perlakuan model talking stick pada pokok bahasan Redoks di SMA Negeri 1 Tapung Hilir. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas yang mempunyai tingkat homogenitas yang sama. Kelas XB sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XE sebagai kelas eksperimen 2, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan selisih nilai rata-rata pretest-posttest kelas eksperimen 1 adalah 24,86 sedangkan kelas eksperimen 2 adalah 14,49. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”, maka diperoleh nilai Zhitung = 1,4076 dan Ztabel = 1,667 pada taraf signifikan 5%. Nilai Zhitung < Ztabel, sehingga Ho diterima, yang berarti menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa pada kelas yang diberi perlakuan model make a match dengan kelas yang diberi perlakuan dengan model talking stick. Kata Kunci: Make A Match, Talking Stick, Prestasi Belajar.