PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN BANTUAN MIND MAPPING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tambang pada mata pelajaran kimia khususnya pada materi pokok hidrolisis garam masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan menggunakan bantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Tambang. Rancangan penelitian menggunakan pretest dan post test, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) berjumlah 22 dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol) berjumlah 21. Teknik pengumpulan data dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu asam dan basa, pretes dan postes sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,54 dan ttabel = 1,683 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan bantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Tambang dengan koefisien pengaruh sebesar 13,59%. Kata Kunci: STAD, Mind Mapping, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam