PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII.B dan objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan konstruktivisme. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul berbasis pendekatan konstruktivisme dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,1%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul berbasis pendekatan konstruktivisme dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 84,06%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, modul berbasis pendekatan konstruktivisme sudah memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan persentase tingkat penguasaan kemampuan berpikir kreatif yaitu 82,59% yang termasuk pada kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika