Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), kurangnya kesiapan siswa dan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran serta beranggapan kimia itu sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Talking Stick dalam strategi FIREUP terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA Negeri 2 Kampar. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling dan diperoleh kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, observasi dan dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji ‘’t’’. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,16 dan ttabel = 2,01 pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan model Talking Stick dalam strategi FIRE-UP terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 9%. Kata Kunci: Model Talking Stick, Strategi FIRE-UP, Hasil Belajar, Hidrokarbon.