PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAPUNG HILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL ) menggunakan media kotak dan kartu misterius (KOKAMI )terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 2 Tapung Hilir pada materi hidrokarbon. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas X yang mempunyai tingkat homogenitas yang sama. Kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 85,31 sedangkan kelas kontrol adalah 76,06. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji test âtâ, maka diperoleh nilai thitung = 3,409 dan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL ) menggunakan media kotak dan kartu misterius (KOKAMI ) terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir, dengan pengaruh (Kp ) sebesar 15,57%. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kotak Dan Kartu Misterius, Hasil Belajar, Hidrokarbon.