HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI SHALAT BERJAMA’AHDENGAN PELAKSANAAN SHALAT BERJAMA’AH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN KUBANG RAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa tentang materi shalat berjama’ah sudah baik namun belum diikuti dengan pelaksanaan shalat berjama’ah yang baik. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi shalat berjama’ah(variabel bebas) dan pelaksanaan shalat berjama’ah siswa (variabel terikat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pemahaman materi shalat berjama’ah dengan pelaksanaan shalat berjama’ah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kubang Raya. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII berjumlah 128 orang, sedangkan sampelnya sebesar 50 % dengan jumlah 64 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Perhitungan data menggunakan program SPSS Versi 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemahaman materi shalat berjama’ah dengan pelaksanaan shalat berjama’ah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kubang Raya. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,383 dengan nilai probabilitas 0,002, nilai p < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya sumbangan variabel X terhadap Y adalah 14,7 % dan sisanya 85,3 % dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini mengandung arti bahwa semakin baik pemahaman materi shalat berjama’ah maka semakin baik pula pelaksanaan shalat berjama’ah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kubang Raya