Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh signifikan persepsi siswa tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah: Apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu: variable X (Persepsi siswa tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran) dan variable Y (motivasi belajar). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah penulis menggunakan angket dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan rumus prodact moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Belajar. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa Persepsi Siswa Tentang Evaluasi Pembelajaran adalah sebesar 90,98% atau dalam kategori Sangat baik. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 85,67% atau dalam kategori Sangat tinggi. Melalui uji SPSS korelasi prodact moment, hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,460 lebih besar dari taraf signifikan 1% 0,250 dan 5% 0,325 ini berarti Haditerima dan Hoditolak sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah:terdapat pengaruh yang signifikan persep sisiswa tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah kejuruan taruna satria pekanbaru. KataKunci: Pengaruh Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran dan Motivasi Belajar