Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kondisi kepercayaan diri siswa terisolir sebelum dan setelah diberikannya konseling kelompok Adlerian (2) efektivitas konseling kelompok Adlerian dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan mengunakan the one group pre-test dan post-test design. Pengambilan subjek dalam penelitian ini mengunakan teknik non random sampling dengan metode purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 11 orang yang memiliki skor angket kepercayaan diri sedang dan rendah. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret-Mei 2017. Instrument yang digunakan menggunakan skala likert. Setelah data diperoleh dan dianalisis maka dapat disimpulkan : (1) terdapat perbedaan kondisi kepercayaan diri siswa terisolir sebelum dan setelah diberikannya konseling kelompok Adlerian (2) konseling kelompok Adlerian efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir. Konseling kelompok Adlerian secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir, hasil ini didapat setelah dilakukan uji statistik non-parametrik uji Wilcoxon’s melalui bantuan SPPS 20.00 dilihat dari angka probabilitas Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0.003 sehinga Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Konseling Kelompok Adlerian, Kepercayaan Diri