Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 351 orang. Berhubung populasi cukup besar, maka penulis melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan pengambilan sampel dengan teknik Random Sampling dengan jumlah sampel 78 orang. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik korelasi regresi linier sederhana. Berdasarkan teknik korelasi regresi linier sederhana dengan dibantu program SPSS 16.00 diperoleh nilai hitung sebesar 0,634. Pada taraf signifikan 5% = 0,217 dan pada taraf 1% = 0,283. Besar persentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 41,1% sedangkan sisanya 58,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajari terhadap kemandirian belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Kata Kunci: Keaktifan, Layanan Informasi Bidang Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar