ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BALAI PENYULUHAN KELUARGA BERENCANA KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, untuk mengetahui faktor Penghambat Kualitas Pelayanan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana diukur dengan 6 indikator, yaitu Prosedur Dan Persyaratan Pelayanan, Kedisiplinan dan Tangung Jawab Petugas Pelayanan, Kejelasan dan Kemampuan Petugas Pelayanan, Keadilan, Kesopanan dan Keramahan Petugas Pelayanan, Kewajaran, Kepastian Biaya dan Jadwal Pelayanan, Kenyamanan Dan Keamanan Pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang peserta keluarga berencana aktif sebanyak 2.724 orang. Sampel penelitian berdasarkan rumus slovin berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana yang paling tinggi adalah indikator Keadilan, Kesopanan dan Keramahan Petugas Pelayanan (mean = 3,30) lebih tinggi berbanding dengan Kedisiplinan Dan Tangung Jawab Petugas Pelayanan (mean =3,16 indikator Kemampuan Petugas Pelayanan (mean = 2,94) dan indikator Prosedur, Persyaratan Pelayanan dan Kenyamanan,Keamanan Lingkungan (mean = 2,84). Sedangkan yang paling rendah adalah Kewajaran,Kepastian Biaya dan Jadwal Pelayanan (mean = 2,69). Adapun faktor penghambat Kualitas Pelayanan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana disebabkan karena randahnya kuantitas sumber daya manausia, kurang kepastian biaya dan jadwal pelayanan, kurangnya sosialisasi dari pegawai kepada masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana dalam pelayanan keluarga berencana. Kata kunci : Kepuasan Masyarakat, Keluarga Berencana, Kuantitas Sumber Daya Manausia, Kualitas Pelayanan