KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan kognitif siswa kelas X TKJ (Teknik Komputer Jaringan) yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan kelas X AV (Audio Video)yang menggunakan model pembelajaran Team-Assisted Individualization pada pokok bahasan Reaksi Redoks. Hasil kemampuan kognitif dapat diketahui dengan memberikan soal tes. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKJ dan kelas X AV yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas. Selanjutnya data hasil pengamatan dan penelitian kemampuan kognitif siswa diuji dengan menggunakan rumus t-test komparasi yang berkorelasi. Hasil pengolahan data diperoleh – ttabel ≤ thitung ≤ + ttabel (-2,021 < 3,036 > 2,021, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa yang signifikan antara variabel model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Team-Assisted Individualization pada pokok bahasan Reaksi Redoks di kelas X TKJ dan X AV SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru dengan perolehan rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas X TKJ sebesar 81,14 menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division sedangkan kelas X AV sebesar 73,64 menggunakan model pembelajaran Team-Assisted Individualization. Kata kunci: Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division, TeamAssisted Individualization, Kemampuan Kognitif dan Reaksi Redoks.