Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi kecerdasan emosional siswa sudah bagus, sedangkan kerja sama siswa belum maksimal. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Al-Izhar Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Ekonomi Syari’ah. Objek penelitian ini adalah Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Kerja Sama Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek sebanyak 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa r hitung> r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,312< 0,612> 0,403, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan kerjasama siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan islam terpadu AlIzhar Pekanbaru. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R 2 (R Square) sebesar 0,372 atau 37,2%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan kecerdasan emosional siswa dengan kerjasama siswa sebesar 37,2%. Atau variasi variabel independen yang digunakan dalam model (kecerdasan emosional siswa dengan kerjasama siswa) mampu menjelaskan sebesar 37,2% variabel dependen (kerja sama siswa). Sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.