Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pemberian motivasi yang dimiliki oleh guru telah bagus, baik dari ucapan maupun perbuatannya. Namun, siswanya kurang aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian motivasi oleh guru, keaktifan belajar siswa serta ada atau tidak nya hubungan antara pemberian motivasi guru dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini hubungan antara pemberian motivasi oleh guru dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Populasi pada penelitian ini, siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 387 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 siswa. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik Stratified Proportional Random Sampling dan diambil secara acak di setiap kelasnya . Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis hubungan pemberian motivasi oleh guru dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan rumus Korelasi Koefisien Kontingensi. Untuk menguji validitas instrument peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program Society Science) Versi 16.0 for Windows.Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pemberian motivasi oleh guru dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Hal ini berdasarkan perhitungan koefisisen kontingensi sebesar 0,679 lebih besar dati “r” table baik pada taraf signifikan 5% (0,219) maupun pada taraf signifikan 1% (0,285). Dengan cara lain dapat dituliskan dengan 0,219 < 0,679 > 0,285. Dengan demikian Ha (Hipotesa alternatif) di terima dan H0 (Hipotesa nihil) di tolak. Dapat disimpulkan bahwa ada kolerasi positif yang signifikan antara pemberian motivasi oleh guru dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Kata kunci : Pemberian motivasi oleh guru, keaktifan belajar siswa