Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode robot bangun datar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh yang yang signifikan penggunaan metode robot bangun datar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain The Non Ekuivalen Pretest-Posttest Design.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Metode Robot Bangun Datar.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan test “t”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 121 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa atau 33,05 %. Uji normalitas menggunakan metode Liliefors yang menunjukkan Lhitung < Ltabel maka dapat dikatakan bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas berdasarkan data hasil angket menunjukkan Fhitung< Ftabel, sehingga kedua kelas sampel sama atau homogen. Selanjutnya, dilakukan analisis data dengan menggunakan tes “t”. Diperoleh nilai thitung = 4,6645 berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel dengan df= 38. Dengan df diperoleh dari ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,02 dan pada taraf 1 % sebesar 2,71. Ini berarti thitung > ttabel,maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode robot bangun datar dapat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Kata Kunci: Metode Robot Bangun Datar, Minat Belajar Siswa