PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest, yang dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quick on the Draw terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 5 (kelas kontrol ) dan X 6 (kelas eksperimen) yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Data aktivitas belajar diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar (posttest ). Selanjutnya data aktivitas belajar dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial (nonparametris). Sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan teknik uji t dengan taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quick on the Draw terhadap aktivitas belajar siswa dengan Zhitung = 4,87 > Ztabel = 1,96 yang berarti hipotesis Ha diterima; (2)terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quick on the Draw terhadap hasil belajar siswa dengan thitung = 2,63 > ttabel=2,00 yang berarti hipotesis Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Quick on the Draw berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 1 Tambang. Kata kunci: Model Pembelajaran Quick On The Draw, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Hidrokarbon.