Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa, sedangkan objek penelitian adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 308 orang. Berhubung populasi cukup besar, maka penulis melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 75 orang. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh antara keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru dianalisis secara statistik dengan teknik regresi linier sederhana. Setelah data yang diperoleh di lapangan dianalisis, maka disimpulkan bahwa ada Pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru yakni sebesar 0,542 dengan tingkat pobabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari r observasi > r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,232 < 0,542 > 0,302). Besar persentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional sebesar 29,4% sedangkan sisanya 70,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keaktifan, Layanan Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosional