Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui konsep diri siswa sebelum dan sesudah diberi pendekatan client center therahy. Penelitian ini dilkukan terhadap siswa/i SMA Negeri 12 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan populasi sebanyak 840 orang siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 10 orang siswa yang diambil dengan sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah skala likert. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji Validitas data menggunakan SPSS For Windows Release 17.00. adapun untuk analasis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri siswa sebelum diberikan pendekatan client center theraphy berada dikategori sedang dengan rata-rata 95,1 dan setelah diberikan pendekatan client center theraphy konsep diri siswa mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 113,1, maka dapat dikatakan adanya prbedaan Pre-test dan Posttest. Jadi dapat disimpulkan pendekatan client center theraphy efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa yang dilihat dari angka probabilitas Asyimp. Sig (2-tailed) 0.008 < 0.05 sehingga Ha diterima. Kata Kunci: Kontribusi, Pendekatan Client Center Theraphy, Konsep Diri