Daftar Isi:
  • Strategi Media Relations merupakan taktik atau usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atau suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi yang bersangkutan. Selain keterampilan berkomunikasi yang harus dimiliki, seorang praktisi humas juga harus menjalin hubungan baik dengan media massa.Hal ini, karena media massa melalui berbagai pemberitaan mampu menjangkau masyarkat secara luas dalam waktu yang relatif singkat. Dengan momentum pariwisata lewat balap sepeda, Tour de Siak ternyata membuat Kabupaten Siak semakin dikenal, tidak hanya secara nasional namun hingga kedunia internasional. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi media relations Humas Pemerintah Kabupaten Siak dalam mempublikasikan Program Tour de Siak. Metode dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori dari buku Yosal Iriantara Strategi media relations ada tiga, yaitu mengelola relasi, mengembangkan strategi, dan mengembangkan jaringan di perkuat dengan teori aktivitas media relations. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa strategi media relations yang di lakukan oleh Humas Pemerintah Kabupaten Siak sudah berjalan, terbukti program ini menjadi event nasional bahkan internasional. Kata Kunci : Straregi, Media Relations,Humas, Publikasi