Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Siswa berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari 4 dosen dan 2 guru, serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 35 siswa untuk uji kelompok terbatas. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis penemuan terbimbing.Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi, angket dan soaltes.Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa berbasis penemuan terbimbing dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 87.15%. Berdasarkan uji praktikalitas, Lembar Kerja Siswa berbasis penemuan terbimbing dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 89,1%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis, Lembar Kerja Siswa berbasis penemuan terbimbing sudah memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 86% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Penemuan Terbimbing, Kemampuan Komunikasi Matematis.