Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan guru mengadakan variasi mengajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 5 orang siswa dan guru mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Dan objek penelitian ini adalah Analisis Kerampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan untuk melihat bagaimanakah analisis kerampilan guru mengadakan variasi mengajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Dan hasil dari analisis data penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa analisis kerampilan guru mengadakan variasi mengajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru sudah baik. Kata Kunci : Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar, Keaktifan Belajar Siswa