EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan layanan informasi dalam mereduksi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 2 Tambang. (2) efektifitas layanan informasi dalam mereduksi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 2 Tambang. (3) faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan informasi dalam mereduksi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 2 Tambang. Masalah dalam penelitian ini yaitu adanya siswa yang mempunyai perilaku agresif seperti menendang, memukul, mengajak berkelahi, dan berkata kotor, mengabaikan dampak perilaku agresif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, subjek pendukungnya adalah guru BK. Sedangkan, objeknya adalah efektifitas layanan informasi dalam mereduksi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 2 Tambang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa di kelas VIII. Peneliti menggunakan Total Sampling (semua populasi dijadikan sampel). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, angket dan wawancara. Teknik pengumpulan data dengan observasi menggunakan alat daftar checklist dengan deskriptif menghitung persentase. Teknik pengumpulan data angket dianalisis dengan deskriptis menghitung persentase. Kemudian teknik pengumpulan data dengan wawancara dianalisis dengan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan informasi dalam mereduksi perilaku agresif siswa dikategorikan “sangat efektif”, hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan bahwa aspek-aspek yang diobsevasi berjumlah 42 kali dengan hasil pengamatan sebesar 82%. Efektifitas layanan informasi dalam mereduksi perilaku agresif siswa dikategorikan “efektif”, hal ini terlihat dari hasil pengolahan angket dengan jumlah 75%. Dan hasil dari wawancara bahwa guru BK sudah memiliki kepribadian yang baik. Dalam pelaksanaan layanan informasi siswa antusias dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru BK sehingga layanan informasi berjalan dengan lancar Kata Kunci: Layanan Informasi, Mereduksi Perilaku Agresif