Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru, (2) faktor yang mendukung upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Informan utama penelitian adalah lima orang guru bimbingan konseling dan informan pendukung lima orang siswa yang mengalami masalah disiplin. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data wawancara dianalisis dengan cara kualitatif, kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru adalah (1) guru bimbingan konseling memberikan contoh atau teladan tentang perilaku kedisiplinan kepada siswa, (2) guru bimbingan konseling mengontrol siswa dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, (3) guru bimbingan konseling memberikan reward kepada siswa yang disiplin, (4) guru bimbingan konseling melakukan kerjasama dengan wali kelas, dan kesiswaan. Temuan penelitian mengenai faktor yang mendukung upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru adalah (1) faktor internal seperti latar belakang pendidikan, dan pengalaman, (2) faktor eksternal seperti sarana dan prasarana, dan kerjasama guru bimbingan konseling dengan pihak sekolah. Kata Kunci: Upaya, Bimbingan Konseling, Kedisiplinan