PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 1 Sungai Lala. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen untuk mengetahui hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas lainnya yang diberikan perlakuan berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D SMP Negeri 1 Sungai Lala dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar tinggi, 3)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar sedang, 4)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar rendah. Dengan demikian secara umum pendekatan pembelajaran Problem Posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis yang ditinjau dari motivasi belajar matematis siswa SMP Negeri 1 Sungai Lala. Kata kunci : Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Motivasi Belajar.