Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada aspek kognitif di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Untuk itu, dilaksanakan penelitian dengan rancangan pretest dan postest untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media kartu soal terhadap hasil belajar kimia siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta tes. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test sampel related. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,02 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media kartu soal terhadap hasil belajar kimia siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan pengaruh sebesar 5%. Kata kunci : Hasil Belajar, Two Stay Two Stray, Kartu Soal, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan