PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DISERTAI METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperiment dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa pada materi koloid. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning disertai metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan AlamSMA Negeri 2 Pekanbaru pada materi koloid.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI IPA 2 (eksperimen) dan X IPA 1 (kontrol).Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 82,29 sedangkan kelas kontrol adalah 78,88. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes âtâ, maka diperoleh nilai thitung = 2,64 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel,sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning disertai metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran kimia kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam SMA Negeri 2 pekanbaru pada materi koloid, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 8%. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Praktikum, Kemampuan Kognitif, Koloid.