Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan sosial terhadap interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Ata Negeri 12 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan sosial terhadap interaksi sosial siswa. Adapun populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 380 mengingat populasi dalam penelitian ini cukup besar maka dalam penelitian ini penulis melakukan penarikan sampel dengan teknik random sampling sehingga terdapat jumlah 79 sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi serta dianalisis dengan teknik korelasi regresi linier yang dibantu melalui program SPSS 16.0 diperoleh nilai hitung sebesar 0,665. Pada taraf signifikan 5% = 0,217 dan pada taraf 1% = 0,283. Besar presentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan sosial terhadap interaksi sosial siswa sebesar 0,442 sedangkan sisanya sebesar 55,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan sosial terhadap interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Kata Kunci: Keaktifan, mengikuti layanan pe