PENERAPAN LEAN SERVICE UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI PT.POS INDONESIA CABANG SUDIRMAN PEKANBARU
Daftar Isi:
- PT.Pos Indonesia Cabang Sudirman Pekanbaru merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasapengiriman barang. Salahsatu departemen yang dimilikinyayaitu departemenproses dan transportasi, padadepartemen tersebut mengalami kendala pada tingkat produktivitas karyawannya karenatidak dapat menyelesaikan kerjaannya sesuai dengan waktunya sehingga dilakukan perhitungan waktu baku dan untuk meningkatkan produktivitasnya dilakukan pengidentifikasian aktivitas yang tidak bernilaitambah (non value added activities)dengan penerapan lean service.Setelah dilakukan perhitungan waktu baku sebelum penerapan lean service didapatkan total waktu selama0,78jamdansetelah penerapanlean servicedidapatkan total waktu pengerjaan selama0,617 jam. Adapunhasilproduktivitas yang didapatkan sebelum penerapanlean servicesebesar 73,33% dan setelah penerapan lean servicesebesar 92,85%. Berdasarkan analisis biaya karyawan setelah dilakukan penerapan lean servicedidapatkan penghematan biaya sebesar Rp.441.107,-.Kata kunci:Lean Service, Non Value Added Activities,Produktivitas, Waktu Baku