Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi belum maksimalnya nilai karakter tanggung jawab siswa sedangkan peran guru dalam mendidik telah baik. Penelitian ini dilakukan Di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Peran Guru dalam Mendidik terhadap Nilai Karakter Tanggung Jawab siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa. Karena populasi kurang dari 100 maka populasi dijadikan sampel dengan cara pengambilan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah angket, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai robservasi> rtabel pada taraf signifikan 5% dan robservasi> rtabel pada taraf signifikan 1% (0,349 < 0,660 > 0,449). Yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai pendidik terhadap nilai karater tanggung jawab siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Besar persentase pengaruh peran guru sebagai pendidik terhadap nilai karater tanggung jawab siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru 43,5%, sedangkan sisanya sebesar 56,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Tanggung Jawab, Nilai Karakter, Pendidik