Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Strategi Memo Analisis Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya siswa kurang aktif bertanya, siswa tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi, dan siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Memo Analisis untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu: F P x 100%  N Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa Strategi Memo Analisis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 53,84%. Kemudian setelah menerapkan Strategi Memo Analisis pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 71,46%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 92,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi memo analisis, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajatan Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di Sekolah Dasar negeri 004 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Strategi Memo Analisis, Ilmu Pengetahuan Alam