PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh keterampilan bertanya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, dan objek penelitian ini adalah keterampilan bertanya terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X berjumlah 279 siswa. Karena besarnya jumlah populasi tersebut, maka dilakukan pengambilan sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple random sampling dengan mengambil sampel 20% dari populasi (56 siswa). Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi kontingensi, untuk mengetahui pengaruh keterampilan bertanya terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan bertanya terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru