Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dengan gejala-gejala yaitu: masih ada diantara siswa yang tidak dapat mengaitkan pelajaran sebelumnya dengan pelajaran yang baru dijelaskan, masih ada diantara siswa yang tidak mampu menjelaskan kembali materi yang diajarkan guru dan masih ada diantara siswa yang tidak mencari informasi tentang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan lebih banyak diam dan menerima apa adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi giving question and getting answer terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan lokasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung pada semester ganjil tahun 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada strategi giving question and getting answer terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Hal ini dilihat dari r hitung > r tabel (0,286 <0,613>0,230) dengan persentase sumbangan sebesar 37,6%. Kata kunci: Strategi Giving Question and Getting Answer, Pemahaman Siswa