EFEKTIFITAS METODE MUBASYARAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PONDOK PESANTREN BABUSSALAM PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Metode Mubasyarah dengan Menggunakan Media Kartu Gambar Berantai untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Mubasyarah dengan Menggunakan Media Kartu Gambar Berantai efektif untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas II Sekolah Mengenah Pertama Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel siswa kelas II C dan II B Sekolah Mengenah Pertama Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa kelas II C dan II B Sekolah Mengenah Pertama Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Mubasyarah dengan Menggunakan Media Kartu Gambar Berantai efektif untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Karena nilai To = 3.44 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.72 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Mubasyarah dengan Menggunakan Media Kartu Gambar Berantai efektif untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci :Efektifitas, Metode, Media,Kemahiran Berbicara