PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BUDHI LUHUR PEKANBARU
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pemberlajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Budhi Luhur. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purpovise sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan test. observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang variabel model pemnelajaran berpikir induktif. Tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar ekonomi siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembejaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Budhi Luhur Pekanbaru. Hal ini diperoleh dengan hasil analisis regresi linear sederhana dimana r hitung sebesar 0,426 lebih besar dari r tabel. Baik pada tarif signifikan 5% adalah 0,244 maupun pada taraf signifikan 1% adalah 0,317 ( 0,244 < 0,426 > 0,317 ). Kontribusi pengaruh model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada masa pembelajaran ekonomi adalah sebesar 18,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.