PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE POINT COUNTERPOINT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMIDI SEKOLAH MENENGAH ATAS BUDHI LUHUR PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint terhadap aktivitas siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Budhi Luhur Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Budhi Luhur Pekanbaru. Objek penelitiannya adalah pengaruh strategi pembelajaran aktif tipepoint counterpointterhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Budhi Pekanbaru yang berjumlah 53 orang yang terbagi dalam dua kelas. Penulis mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian dengan teknik total sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran aktif tipepoint counterpoint terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomidi Sekolah Menengah Atas Negeri Budhi Luhur Pekanbaru. Hasil tersebut berdasarkan nilai r hitung sebesar 0,612 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% sebesar 0,266 maupun 1% sebesar 0,345 atau r hitung> r tabel (0,266< 0,612> 0,345 ). Adapun besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipepoint counterpointterhadapaktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomiadalah sebesar 37,4% sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.