PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP IT Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 dan VIII 4 SMP IT Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction yang ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penulis menggunakan tes”t” untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, 2) Terdapat perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal sedang, 3) Tidak terdapat perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal rendah, 4) Terdapat perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, Dengan demikian secara umum model pembelajaran Problem Based Instruction berpengaruh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematis yang ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Kata kunci : Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematis.