PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN PAKAIAN DI TOKO SERBA 35.000 PUTRA JAYA GARUDA SAKTI KILOMETER 1 KELURAHAN SIMPANG BARU PANAM MENURUT EKONOMI SYARIAH
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu toko yang menjual pakaian serba 35.000 dimana berdasarkan wawancara awal harga rata-rata semua sama yaitu 35.000 dan kualitas juga bagus, namun fenomena jumlah pembeli mengalami naik turun dan bahkan mengalami penurunan yang signifikan. Dalam teori dikatakan bahwa harga dan kualiats mempengaruhi keputusan pembelian.. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, pengaruh kualitas produk dan harga secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pakaian pada toko serba 35.000 Putra Jaya Garuda Sakti Kilometer 1 Kelurahan Simpang Baru Panam dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap keputusan pembelian pakaian pada Toko Serba 35.000 Putra Jaya Garuda Sakti Kilometer 1 Kelurahan Simpang Baru Panam. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.8781 selama tahun 2016-2018, karena banyaknya populasi maka diambil 120 orang. Jumlah ini berdasarkan angka yang sering muncul pada tabel jumlah data konsumen selama tahun 20162018. Popuasi sebanyak 120 orang diambil sampel 10% mengunakan rumus slovin ,maka didapat ampel sebanyak 54 orang diambil sampel mengunakan metode accidental quota sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Selanjutnya penulis menganalisis data dengan metode kuantitatif yaitu pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi ganda, uji t, uji F dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan regresi Y=0,289+0,309X1+0,148X2. Dengan menggunakan uji parsial diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian yaitu dengan nilai t hitung (5,493) > t tabel (2,00758) dengan nilai signifikan sebesar 0,023< 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima .Kemudian juga dengan menggunakan uji parsial diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung (2,177) > t tabel (2,00758) dengan nilai signifikan sebesar 0,046 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya dengan uji F diketahui bahwa kualitas produk dan harga secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar (52,329) > F tabel sebesar (3,19) dengan signifikan sebesar 0,000 <0,05, yang Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif secara simultan antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dalam produk pakaian toko serba 35.000 Putra Jaya Garuda Sakti. Dan dapat dilihat bahwa nilai koefisien determinasi model adalah 0,591. Artinya adalah pengaruh yang diberikan oleh kualitas produk dan harga secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 59,1%. Selebihnya sebesar 40,9% perubahan nilai variabel dependen Y (Keputusan Pembelian) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,769 artinya bahwa korelasi antara kualitas produk dan harga secara bersama-sama dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang tinggi atau kuat. Menurut tinjauan ekonomi Islam, keputusan konsumen pakaian toko serba 35.000 Putra Jaya sudah sejalan dengan prinsip syariah dari segi harga, kualitas produk dan keputusan pembelian. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian