PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI REGU SORAK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan strategi regu sorak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya siswa mau bertanya pada saat pembelajaran, sebagian siswa tidak membuat catatan penting, selain itu siswa kurang mendengarkan penjelasan dari guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar siswa dan strategi regu sorak. Penelitian dilaksanakan dua siklus setiap kali siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa penerapan strategi regu sorak menunjukan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 52,91%. Kemudian setelah menerapkan strategi regu sorak pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 63,75%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 91,45%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi regu sorak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Regu Sorak, Aktivitas Belajar Siswa.