Daftar Isi:
  • Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa yang masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan test-t sample related. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,040 dan ttabel = 2,012 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid dengan koefisien pengaruh sebesar 8,13%. Kata Kunci: Make a Match, Koloid, Hasil Belajar