PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA YKPP SUNGAI PAKNING
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model Plomp (Prelimenary investigation, Design, Realization/Construction, Test, evaluation and revision, Implementation). Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah ahli materi dan ahli teknologi yang berasal dari dosen dan guru, 7 siswa uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari 26 siswa kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Jenis data yang diambil dari pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing ini adalah data kulitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket uji kepraktisan, dan tes tertulis esai. Hasil penelitian menunjukkan penilaian modul berbasis inkuiri terbimbing dari ahli materi adalah sangat valid dengan persentase 82,69%. Penilaian modul berbasis inkuiri terbimbing dari ahli teknologi adalah sangat valid dengan persentase 86,11%. Penilaian modul berbasis inkuiri terbimbing dari siswa kelas eksperimen adalah praktis dengan persentase 80%, dan modul berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, ditunjukkan dengan adanya perbedaan secara signifikan antara rata-rata skor posttest kelas eksperimen 83,5 lebih besar dari rata-rata skor posttest kelas kontrol 76,11. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri terbimbing adalah valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Kata Kunci: Modul, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep Matematika