Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis kreatif dan produktif yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dissemite). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta 32 siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 14 Pekanbaru dan objek penelitian adalah lembar kerja siswa berbasis kreatif dan produktif dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Data diperoleh melalui proses validasi oleh validator, proses praktikalitas oleh siswa, dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket praktikalitas dan soal posttest kemampuan berpikir kritis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil uji ditingkat validitas teruji dengan tingkat kevalidan 92% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 88,3% (sangat praktis) serta tinggi tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa 85% (tinggi). Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa Lembar Kerja Siswa matematika yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang tinggi. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Kreatif Dan Produktif, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.