PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF MODELING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif Modeling The Way terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Taruna Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X TAV sebagai kelas eksperimen kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 dan 30 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif Modeling The Way terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa