PENERAPAN ALGORITMA ECLAT DALAM MENENTUKAN KOMPETENSI PROSES PEMBELAJARAN DOSEN(STUDI KASUS LPM UIN SUSKA RIAU)
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran dosen merupakan salah satu upaya lembaga penjaminan mutu(LPM) UIN Suska Riau untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dosen. Fungsiassociationdapat digunakan dalam menentukan kompetensi proses pembelajaran dosen.PadaPenelitian ini menggunakan dataprimeryang dikumpulkan langsung dari hasilpengisian kuesioner mahasiswa jurusan Teknik Informatika di UIN Suska Riau dalamsistem iRaise pada tahun ajaran 2015/2016 ganjil. Jumlah data awal penelitian terdiri dari1746 datadengan 27 atribut. Data yang diproses adalah berjumlah 1335 data dengan 26atribut yang didapat dari hasil seleksi dan pembersihan data. Hasil akhir yang didapatadalah terbentuk 81rulesyang mempengaruhi kategori penilaian dosen. Nilaisupporttertinggi adalah 24.34% dan nilaiconfidence100%, dengan kompetensi yangmempengaruhi adalah nilai pedagogik baik, nilai profesional baik, nilai kepribadian baik,nilai sosial baik, sehingga kategori penilaian yang didapat adalah baik. Sedangkan terlihat0.07% adalah nilai terendah dari nilaisupportyang muncul. Dengan kompetensi yangmempengaruhi yaitu nilai pedagogik kurang baik, nilai profesional kurang baik, nilaikepribadian kurang baik, nilai sosial tidak sesuai, sehingga kategori penilaian yangdidapat adalah kurang baik. Darihasilrulesyang terbentuk dapat disimpulkan bahwakompetensiproses pembelajaranyang dimiliki oleh dosen di jurusan Teknik InformatikaUIN Suska Riau adalah baik.Kata Kunci:association rules, eclat, kompetensi dosen