Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya disiplin belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan moving class terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 05 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah guru prakarya dan kewirausahaan dan seluruh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 05 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh pelaksanaan moving class terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 05 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 05 Pekanbaru. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI teknik komputer dan jaringan berjumlah 55 orang dengan teknik Purposive Stratified Random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dan rhitung > rtabel pada taraf signifikasi 1% (0,273< 0,660> 0,354) yang berarti bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan moving class terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 05 Pekanbaru. Besar persentase pengaruh pelaksanaan moving class terhadap disiplin belajar siswa sebesar 43,6%, sedangkan sisanya sebesar 56,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pelaksanaan moving class, disiplin belajar siswa