Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya efektifitas pembelajaran spreadsheet, yang telah tersedia sumber belajar laboratorium denganfasilitas didalamnya sudah dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sumber belajar laboratorium terhadap efektivitas pembelajaran spreadsheet pada materi laporan keuangan kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Kansai Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Kansai Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh sumber belajar laboratorium terhadap efektifitas pembelajaran spreadsheet siswa kelas X jurusan akuntansi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai r hitung> r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,344 <0,623>0,442) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber belajar laboratorium terhadap efektifitas pembelajaran spreadsheet siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Kansai Pekanbaru. Besar persentase pengaruh sumber belajar laboratorium terhadap efektifitas pembelajaran spreadsheet siswa kelas X jurusan akuntansi adalah sebesar 38,9% sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, misalnya faktor strategi pembelajaran, media pembelajaran, fasilitas pembelajaran, dan lain sebagainya