Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia sebagian besar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 80. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Koloid di kelas XI MIPA di SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan pretest dan posttest, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh dengan nilai thitung = 3,9 dan ttabel = 2,00 sehingga menunjukkan thitung> ttabel. Maka Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Mind Mapping terhadaphasil belajar siswa dan didapatkan Kp sebesar 20%. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Mind mapping, Hasil Belajar, Koloid