PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KELILING KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 BUKIT MELINTANG KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Herlindawati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1841/1/2011_2011888.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1841/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Keliling Kelas pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN 011 Bukit Melintang Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV, sedangkan objek adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Keliling Kelas dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar matematika siswa berupa ulangan harian yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data yang dipeoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajr matematika siswa yang signifikan setelah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Keliling Kelas, dengan rata-rata sebelum tindakan 55,1 dengan ketuntasan secara klasikal 42,3% dan setelah tindakan siklus I dengan rata-rata 60,3, ketuntasan klasikal 61,5%, siklus II dengan rata-rata 70,0, ketuntasan klasikal 73,0%. Maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Keliling kelas dapat Meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 011 Bukit Melintang.